studi kasus

KoinWorks

Tentang

KoinWorks didirikan pada tahun 2016 sebagai perusahaan Peer-to-Peer Lending yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada semua orang untuk mencapai tujuan finansial mereka. KoinWorks memiliki kantor pusat di Jakarta dengan kantor pendukung di Yogyakarta. Karyawan KoinWorks terdiri dari orang-orang yang sangat bersemangat dan para ahli yang menghadirkan pengalaman finansial yang benar-benar baru bagi pengguna yang berharga. Kualitas luar biasa tersebut berasal dari empat nilai inti, seperti Transformasi Kehidupan, Memberikan Nilai, Berinovasi, dan Melampaui.

Perkenalan

Seiring pertumbuhan industri keuangan secara eksponensial dan meningkatnya jumlah orang yang melek keuangan di Indonesia, KoinWorks bertransformasi menjadi aplikasi keuangan raksasa pertama di Indonesia yang menawarkan solusi inovatif dan memudahkan akses ke berbagai kebutuhan keuangan melalui teknologi canggih. Melalui KoinWorks, perusahaan juga membantu misi pemerintah Indonesia untuk menyediakan akses ke berbagai layanan keuangan berkualitas secara tepat waktu, nyaman, terinformasi, dan dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat luas.

Data is this image based on SURVEY OJK 2019:
LITERATION AND FINANCIAL INCLUSION INDEXS ARE INCREASING

Seperti yang tertera pada namanya, perusahaan Peer-to-Peer Lending adalah lembaga keuangan yang menyediakan platform untuk meminjamkan dan meminjam uang kepada individu atau bisnis. Keuntungan utama yang dimiliki oleh perusahaan pinjaman Peer-toPeer dibandingkan dengan lembaga keuangan tradisional adalah keefektifannya dalam memotong biaya dan mempercepat proses pinjaman secara keseluruhan. Peminjam yang mencari pinjaman online non-bank tanpa jaminan dengan suku bunga pinjaman yang lebih rendah akan dilayani oleh pemberi pinjaman yang mencari hasil investasi yang lebih menguntungkan.

Peer to Peer Lending Work Scheme. Sumber: //koinworks.com/blog/ketahui-tentang-peer-peer-lending/

KoinWorks menggunakan sistem penilaian pinjaman standar bank untuk menciptakan ekosistem di mana keamanan pendanaan di KoinWorks benar-benar terjamin. Pertama, mereka yang lulus penilaian kredit akan diberikan nilai kredit yang bervariasi. Pinjaman akan diberi skor dari A sampai E yang secara berurutan menunjukkan tingkat risiko dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi.

Setiap skor juga memiliki 5 level, dari A1 hingga A5, dan seterusnya hingga terendah, dari E1 hingga E5. Semakin berisiko pinjamannya, semakin tinggi tingkat risiko gagal bayar. Untuk mengimbangi ini, pinjaman berisiko dikenakan suku bunga yang lebih tinggi. Dana investasi mulai dari Rp 100.000 dan suku bunga efektif mulai dari12% pertahun dengan dana proteksi 100%.

KoinWorks A to E Grade. Sumber: //koinworks.com/blog/cara-kerja-koinworks-investasi-fintech-lending/

Tantangan

Di Indonesia, orang dengan pendidikan tinggi, pendapatan lebih tinggi, dan pria memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang literasi keuangan dasar. Sayangnya, masih sedikit orang yang memenuhi kriteria tersebut. Akibatnya, banyak orang dengan literasi keuangan dasar yang rendah sering terjebak dalam penipuan investasi yang menawarkan hasil investasi yang sangat menarik, namun pada akhirnya tidak memberikan pengembalian sama sekali.

Data is this image based on SURVEY OJK 2019:
LITERATION AND FINANCIAL INCLUSION INDEXS ARE INCREASING

Maraknya perusahaan peer-to-peer lending yang tidak terdaftar OJK dan melakukan penipuan investasi menyebabkan semakin banyak skeptisisme dan hilangnya kepercayaan masyarakat untuk berinvestasi. Lingkungan investasi yang tidak sehat sepertiini menyebabkan semakin sedikit orang yang mau berinvestasi di perusahaan peer-to-peer lending yang sah, sehingga berdampak negatif bagi industri.

Koinworks sebagai perusahaan peer-to-peer lending terpercaya ingin menjangkau lebih banyak pengguna untuk mendaftar di aplikasi KoinWorks, sekaligus membangun kesadaran akan aplikasi, platform, dan layanan KoinWorks.

KoinWorks App. Sumber: //koinworks.com/blog/cara-kerja-koinworks-investasi-fintech-lending/

Cara NusaTalent Membantu

Berdayakan Pengguna untuk Mulai Berinvestasi

Melalui SideJobs by NusaTalent, KoinWorks memulai kampanye akuisisi pengguna pada aplikasi NusaTalent dengan tujuan untuk menjaring pengguna baru yang memiliki smartphone Android dan / atau iOS.

Langkahnya dimulai dari mengunduh aplikasi hingga mengisi semua informasi untuk menjadi pengguna. Karena SideJobs by NusaTalent memiliki pengguna yang sebagian besar adalah pengguna yang paham teknologi (mayoritas pengguna adalah mahasiswa),sehingga tugas-tugas tersebut dapat dilakukan dengan efektif, sehingga KoinWorks berhasil mencapai tujuannya.

Lebih penting lagi, KoinWorks menemukan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk membuat pengguna baru menginstal secara signifikan lebih rendah daripada biaya untuk mendapatkan pelanggan baru secara konvensional melalui periklanan lainnya. Ini disebabkan SideJobs by NusaTalent mengembangkan ekosistem di mana penggunanya bersedia mencari dan melakukan pekerjaan freelance. Hasilnya, kampanye menjadi lebih efektif daripada kampanye tradisional.

Use NusaTalent to

Anda akan mendaptkan free trial
untuk 3 bulan!